Pages

Cara bacaan doa qunut

Qunut Shubuh dalam Pandangan Empat Madz-hab

Sep 24, 2009Muhammad Abduh Tuasikal, MScUmum3

Hukum Qunut Hukum Doa Qunut Qunut Qunut Subuh Hukum Qunut Subuh
 Cara bacaan doa qunut. Umum mengetahui doa qunut dibaca pada iktidal rakaat kedua waktu solat subuh. Hukum membaca doa qunut adalah sunat ab'ad (sunat yang dituntut).


 Doa Qunut rumi adalah Doa yang di baca ketika sholat subuh, Tepatnya di waktu i'tidal atau di waktu berdiri dari sesudah ruku pada raka'at ter akhir, Hukum dari membaca Qunut ini adalah sunnah ab'adh, Artinya adalah sunnah yang di perkuat, Dan berikut Bacaan Doa Qunut di bawah ini...

 Bacaan Doa Qunut Solat Subuh Rumi . Assalamualaikum , terima kasih kerana anda sudi datang ke blog saya semata-mata untuk mencari sedikit ilmu yang ada di dalam blog ini. Di sini saya akan berkongsi dengan anda tentang bacaan doa qunut solat subuh rumi.
Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin pernah ditanya: Bagaimana pendapat empat Imam Madzhab mengenai qunut?

Syaikh rahimahullah menjawab:

Pendapat imam madzhab dalam masalah qunut adalah sebagai berikut.
 Do'a Qunut merupakan sebuah do'a yang sudah umum dibaca pada saat i'tidal pada rakaat kedua waktu sholat subuh. Hukum membaca do'a qunut dalam sholat shubuh menurut beberapa pendapat ada yang mengatakan sunnah ab'ad (sunnah yang dituntut untuk dilakukan dalam sholat, bila lupa tidak mengerjakan, dianjurkan/sunnah mengganti kekurangan tersebut dengan melakukan sujud syahwi).
Pertama: Ulama Malikiyyah

Mereka berpendapat bahwa tidak ada qunut kecuali pada shalat shubuh saja. Tidak ada qunut pada shalat witir dan shalat-shalat lainnya.

Kedua: Ulama Syafi’iyyah

Mereka berpendapat bahwa tidak ada qunut dalam shalat witir kecuali ketika separuh akhir dari bulan Ramadhan. Dan tidak ada qunut dalam shalat lima waktu yang lainnya selain pada shalat shubuh dalam setiap keadaan (baik kondisi kaum muslimin tertimpa musibah ataupun tidak, -pen). Qunut juga berlaku pada selain shubuh jika kaum muslimin tertimpa musibah (yaitu qunut nazilah).
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.