Pages

Keutamaan Surat Yasin

Berawal dari lupa membawa buku Yasin saat diperlukan dan kebetulan membawa Hape sehingga bisa online serta terbantu dengan beberapa blog yang menampilkan bacaan Yasin baik dalam tulisan arab maupun bahasa indonesia, namun selama yang aku tahu, belum ada yang menggabungkan tulisan dengan bahasa arab bersamaan dengan cara membacanya dalam bahasa indonesia..... karena menjadi pengalaman pribadi bahwa masih banyak yang belum lancar membaca Yasin... :-)


 Surat Yasin termasuk surat Al-Qur’an Makkiyah yang agung. Bilangan ayatnya ada delapan puluh tiga ayat. Ayat-ayatnya pendek dan sangat mengena di hati orang mukmin. Pembahasan utama adalah (seperti) pembahasan surat-surat Makkiyah, berbicara tentang tauhid Uluhiyah dan Rububiyah dan akibat orang-orang yang mendustakannya. Problematika yang menjadi pokok utama dalam surat ini adalah masalah kebangkitan dan dikumpulkan (di hari kiamat).

Kedua,

Terdapat banyak hadits terkait dengan keutamaan surat ini. Kebanyakan dusta dan palsu, sebagian lagi sedikit lemah. Kami belum mendapatkan hadits shahih khusus terkait keutamaan surat Yasin.

Di antara yang ada terkait dengan keutaman surat ini dan dilemahkan oleh pakar ilmu hadits – kami ketengahkan disini untuk diperhatikan, yaitu;

"Sesungguhnya pada setiap sesuatu itu ada jantung. Dan jantungnya Al-Qur’an adalah Yasin. Barangsiapa membacanya, maka dia seakan-akan membaca Al-Qur’an sepuluh kali."
Oleh karena itu, aku mencoba melakukannya dengan sebisanya... dengan harapan bisa bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannya.... dan mohon koreksi jika ada kesalahan karena ketidaksempurnaan penulisan...
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.