Pages

Dunia remaja dan keunikannya

Dunia remaja adalah dunia transisi dari dunia anak anak menuju dunia dewasa. Di usia ini menjadi perhatian lebih bagi sebagian orang tua dan para pendidik. Hal ini disebabkan dunia remaja adalah dunia yang sangat labil dan berada pada masa masa adaptasi pada kedewasaan.



Dunia remaja merupakan masa netral yang sangat mudah sekali terbawa atau terpengaruh pada hal hal yang bersifat positif maupun negatif.


Satu hal yang penting yang harus diperhatikan pada masa remaja yaitu peran emosi yang sangat mendominasi kehidupan mereka. Emosi yang tidak terkontrol dan tidak adanya tuntutan yang benar , akan menyebabkan masa itu menjadi suatu hal yang sangat memperhatikan.

Dunia remaja adalah dunia yang unik nan keberadaannya senantiasa menjadi bahan perbincangan umum. Dalam rentang kehidupan, masa kinilah yang paling mencrang. Karena sekarang mereka hidup di tengah perkembangan fisik dan psikis yang sangat cepat. Rona kehidupan mereka laksana kota metropolis yang penuh warna-warni.
Akan tetapi perlu kita sadari bahwa remaja adalah sosok yang labil, mudah terombang-ambing. Fisik mereka memang kelihatan dewasa, namun bila ditinjau dari segi psikis, mereka belum dewasa, belum mampu bertanggung jawab. Kita bisa saksikan sendiri, bagaimana kecenderungan mereka terhadap berbagai hal yang terus berubah. Mulai dari mode pakaian, rambut hingga sepatu. Kalau kita tanya alasan mereka mengikuti tren tertentu, jawabannya sangat instan. Asal-asalan dan tidak bertanggung jawab. Kebanyakan hanya menjawab demi gengsi saja, ikut-ikutan temen, ingin disebut modern, gaul dan lain-lain, nyaris tidak ada satupun jawaban yang bermuara pada asas manfaat.
Pola pikir instan seperti inilah yang dibentuk oleh media global. Mereka terus menerus diberi mimpi, harus beginilah harus begitulah, harus ini-itu, dsb. Segala produk dicoba dengan harapan mimpinya tercapai yaitu ingin tampak seperti artis pujaannya. Padahal, kalau mau jujur, mereka hanya pura-pura memberikan tips-tips kesempurnaan tubuh, yang hakikatnya adalah bisnis semata dan didasarkan atas UUD.

Peran emosi negatif yang mendominasi akan membawa dunia remaja kepada hal hal negatif pula. Akan tetapi apabila peran dunia positif yang mendominasi dunia remaja. hal itu akan membawa remaja pada kesiapan dalam menghadapi kehidupan yang lebih sulit lagi dan serius atau dunia dewasa.
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.