Pages

Paket Wisata Tanjung Puting

Saya mengenal Tanjung Puting National Park tahun lalu, ketika @ibupenyu menawarkan trip ke sana. Kemudian saya googling, ada apa aja sih di Tanjung Puting? OMG, keren banget! Bisa liat orang utan di wildlife, tinggal di perahu sambil menyusuri sungai, tidur di bawah bintang, melihat ratusan kunang-kunang..... aaaah sejak saat itu Tanjung Puting ada di dalam bucketlist saya.


Family picture di Sungai Sekonyer, Tanjung Puting

"Mestakung" alias "Semesta Mendukung". Awal bulan Maret tahun ini, saya training di kantor pusat bersama dengan perwakilan anak perusahaan dari seluruh Indonesia.

"Saya dari Kumai, Pangkalan Bun" kata seorang Bapak yang satu group dengan saya memperkenalkan diri. Teman-teman lain langsung "ngeh" mendengar Pangkalan Bun yang mengingatkan pada tragedi Air Asia. Dengan spontan saya merespon, "Wah Pak, saya pengen banget ke Tanjung Puting" #salahfokus!

Sebelum berpisah, Bapak tersebut memberikan secarik kertas berisi jadwal pesawat ke Pangkalan Bun dari Jakarta. So sweet! Kemudian ia mengatakan akan membantu mencari provider sewa kapal atau yang disebut dengan "klotok". Dari Bapak tersebut, akhirnya saya diperkenalkan dengan Bang Yomie.

Wisata Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) bertempat di Kalimantan Tengah di mana anda bisa bertemu langsung dengan Orangutan, sang penguasa hutan. Bukan cuma itu, tapi anda juga akan menikmati panorama di sepanjang Sungai Sekonyer yang masih Alami, melihat monyet-monyet bergelantungan dengan bebas dari atas klotok, Bekantan tanpa malu-malu menunjukan bulunya yang berwarna keemasan, menikmati sajian dari kunang-kunang yang hinggap di pohon di malam hari, bahkan melihat buaya yang sedang berjemur di tepi sungai.

 Di pagi hari sekitar jam 08.00Am kita akan memulai orangutantour menuju Taman Nasional Tanjung Puting, mengunakan perahu, setelah berjalan kurang lebih 20 menit dari dermaga maka kita akan memasuki sebuah sungai dengan nama sungai Sekonyer, di sepanjang perjalanan di pagi hari akan kita lihat di pinggir sungai  beraneka ragam tumbuhan khas hutan tropis Kalimantan, dan akan kita lihat di pinggir sungai, monyet-monyet, bekantan, yang bergantungan di atas pohon, dan terkadang kita melihat serombongan bekantan berenang menyeberang sungai di depan perahu kita.

Setelah menyusuri sungai kurang lebih 3 jam, maka kita akan tiba di Camp Leakey. Setelah tiba, makan siang, setelah istirahat sebentar kita akan menuju ke dalam hutan, menuju lokasi pemberian makan orangutan, pemberian makan sekitar jam 02.00PM, untuk menuju lokasi ini kita menyusuri jalan kecil di dalam hutan.

Selesai di sini kembali ke perahu kemudian makan malam dan bermalam di sekitar lokasi danau daerah camp leakey. (L D)


 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.