Pages

Susah Buang Air Besar (Konstipasi)

Susah buang air besar (BAB) ada beberapa jenis misalnya buang air besar tidak setiap hari dan sudah dialami berbulan-bulan. Ada juga yang buang air besar tiga hari sekali walaupun jumlah makanan yang dikonsumsi tiap hari cukup banyak.

Ada yang susah buang air besar karena mengonsumsi makanan yang mengandung zat tanin, bersifat panas. Bisa juga seseorang sulit buang air besar saat berada di tempat baru yang kondisi WC nya tida nyaman atau asing.

Untuk obat pelancar BAB harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Walaupun demikian, ada beberapa titik akupuntur yang dapat digunakan secara umum untuk mengatasi buang air besar. Ada beberapa penyebab susah buang air besar antara lain karena lambung dan usus panas terhambat karena tekanan emosi, makan dan minum tidak teratur serta serangan angin kering.

Selain itu kebiasaan lain yang memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh adalah sulit buang air besar. Seseorang yang sulit mengeluarkan kotoran tubuhnya memiliki gangguan wasir dan infeksi saluran cerna.

Di samping itu, susah buang air besar juga dapat dipicu oleh kurangnya konsumsi makanan yang mengandung cukup serat dan vitamin penting khususnya bagi organ-organ pencernaan makanan. Serat adalah zat yang tidak dapat dicerna, tetapi sangat membantu pencernaan makanan. Serat menyebabkan feses yang dihasilkan akan lebih banyak dan feses bersifat lunak, sehingga mudah untuk buang air besar.

Kekurangan makan-makanan berserat menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Obesitas atau kegemukan juga dapat disebabkan kurang makan-makanan yang mengandung cukup serat.

Sebagai upaya pencegahan dan perawatan untuk menangani susah buang air besar, adalah :

1. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan

2. Minum air putih minum 2 liter air per hari atau lebih sesuai kebutuhan. Kurangi minuman yang mengandung kafein.

3. Berolahraga secara teratur jangan duduk terlalu lama sepanjang hari

4. Jangan menunda buang air besar, biasakan buang air besar setiap hari

5. Jika masih kesulitan untuk buang air besar, ambil sabun dan potong sebesat kelingking, lalu masukkan ke liang anus jika feses susah dikeluarkan
Posted in Masalah Buang air Besar atau Konstipasi, Mengatasi Masalah Buang air Besar atau Konstipasi, Obat Tradisional Mengatasi Sembelit    | Tagged konstipasi, obat pencahar, obat sembelit, obat susah buang air besar, penyebab susah buang air besar, sembelit, Susah bab, susah buang air besar    | Leave a comment
Susah Buang Air Besar (Konstipasi)
Posted by Susah Buang Air Besar   

Susah Buang Air Besar (Konstipasi) – Susah buang air besar bukan lah kondisi yang jarang terjadi, karena hampir sebagian besar orang pernah mengalaminya. susah buang air besar juga dikenal dengan istilah medis konstipasi adalah kondisi dimana tubuh susah mengeluarkan feses. Normalnya buang air besar terjadi setiap satu hari sekali, tetapi untuk orang orang yang mengalami susah buang air besar maka buang air besar terjadi kurang dari tiga kali dalam satu minggu. Susah buang air besar akan menyebabkan kotoran menumpuk di usus besar jadi tidak baik untuk kesehatan tubuh. ada yang mengalami susah buang air besar ringan yang tidak terlalu lama terjadi, dan ada juga yang mengalaminya jangka panjang. Perlu di waspadai apabila mengalami susah buang air besar jangka panjang, karena bisa jadi ada gangguan kesehatan yang menyebabkan tubuh susah buang air besar. sebenarnya susah buang air bisa terjadi oleh semua kalangan usia baik pria dan wanita, tetapi lebih sering ditemui dari kalangan wanita yang usianya lanjut.
Penyebab Susah Buang Air Besar (Konstipasi)

Susah buang air besar (Konstipasi) bisa terjadi oleh siapa pun karena ada banyak faktor yang bisa menyebabkan susah buang air besar. karena itu agar tidak mengalami susah buang air besar, atau agar bisa mengatasi susah buang air besar dengan tepat, maka berikut beberapa faktor susah buang air besar (Konstipasi) :

susahbabbb

    Kurang serat. susah buang air besar (Konstipasi) bisa terjadi karena disebabkan oleh kurang serat. asupan makanan berserat sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena agar proses pencernaan makanan lebih mudah dibutuhkan serat. karena itu apabila jumlah harian serat tidak dicukupi dengan baik, maka efeknya akan menyebabkan susah buang air besar.
    Sering menahan buang air besar. bukan hanya disebabkan oleh makanan yang kurang serat saja, jika susah memenuhi makanan berserat tetapi masih susah buang air besar (Konstipasi), ada kemungkinan penyebab lainnya dari sering menahan buang air besar. sering menahan buang air besar bisa menyebabkan feses menjadi kering, karena itu jalan untuk keluar dari usus besar akan lebih lambat sebab keras. Maka dari kebisaan buruk menahan buang air besar lah yang sering menyebabkan susah buang air besar.
    Kondisi psikologis yang sedang kurang baik seperti depresi atau stress pun bisa menyebabkan susah buang air besar (Konstipasi). Hal ini bisa disebabkan oleh adanya penurunan fungsi organ pencernaan di saat kondisi psikologis sedang kurang baik. untuk itu pada saat banyak beban pikiran bisa sering mengalami susah buang air besar (Konstipasi).
    Kurang gerak. susah buang air besar (Konstipasi) juga berpotensi terjadi pada orang orang yang tidak bergerak atau tidak olahraga secara teratur, organ tubuh bisa berfungsi dengan baik karena peredaran darah mengalir lancar. Karena kurang gerak maka akan mempengaruhi peredaran darah juga, sehingga salah satu dampaknya ialah susah buang air besar (Konstipasi).
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.