Pages

Keutamaan Bacaan Surat Al-Kahfi Latin Manfaat Dan Artinya

Keutamaan Bacaan Surat Al-Kahfi Latin Manfaat Dan Artinya

Didalam alquran terdapat rahasia yang terkandung dalam setiap huruf dan kalimah juga surat yang ada pada kitab suci tersebut, salah satunya yang ada dari keutamaan ketika membaca surat al kahfi yang memang banyak sekali faidah dan manfaat dari keberkahannya tersebut. Karena Alquran selain sebagai kitab suci, sumber hukum dan juga pedoman hidup bagi seorang muslim, rahasia yang terdapat di dalamnya juga bisa dimaknai sebagai nilai ibadah yang tiada terhingga. Mulai dari membaca, mendengar apalagi sampai mampu mengartikan juga mengamalkannya.


Bacaan Keutamaan Manfaat Surat Al-Kahfi Latin Dan Artinya

Surat al-kahfi atau dengan nama lain ashabul kahf yang memiliki arti para penghuni gua termasuk pada surat ke 18 yang terdiri dari 110 ayat dan di turunkan surat ini di kota makah sehingga termasuk pada golongan surat makkiyah. Isi kandungan yang ada pada surat al-kahfi sebagian besar menceritakan tiga kisah sejarah masa lalu yaitu kisah Ashabul Kahfi, kisah pertemuan nabi Musa as dan nabi Khaidir as serta kisah Dzulqarnain, tetapi kisah ashabul kahfi memang memiliki keunggulan lebih sehingga di jadikan sebagai nama surat.

Di jadikannya al-kahfi sebagai nama surat dalam al-qur’an tentu hal ini bukanlah kebetulan semata, tapi karena kisah Ashabul Kahfi seperti juga kisah dalam al-Quran lainnya, bukan merupakan kisah semata, tapi juga terdapat banyak pelajaran (ibrah) didalamnya. Jika membaca sejarah ashabul kahfi maka tentu kita akan menemukan banyak hal yang sangat menarik dan luar biasa yang mana hal tersebut menunjukan kekuasaan allah swt sang maha pencipta satu-satu yang haq untuk di sembah dan di yakini atas kekuasannya terhadap segala sesuatu.

Lalu siapa ashabul kahfi ini sehingga begitu di kedepankan dan di jadikan sebagai nama dalam al-qur’an, dalam cerita di kemukakan bahwa ashabul kahfi adalah segolongan pemuda beriman yang hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi seorang raja yang dzalim penyembah berhala. Yang mana para pemuda tersebuh lari kedalam gua dalam cerita berasama seekor anjing dan di tidurkan oleh allah swt selama 309 tahun dan di bangunkan lagi ketika pada masa kerajaan Abdurrahman seorang raja yang adil.

Gambar Surat Al-Kahfi

Jika membaca tentang sejarah para sehabat ashabul kahfi, maka bisa di katakan ini adaalah cerita atau sejarah yang sangat menarik sekali, bahkan tidak sedikit kejadian-kejadian di luar akal manusia biasa, mungkin bagi orang yang tidak beriman kepada al-qur’an susah untuk meyakini dan menangkap cerita ini sebab banyak sekali kisah-kisah menarik yang menunjukan kekuasaaan allah swt di akal manusia termasuk juga tidurnya yang begitu lama. Jika tidak di sertai dengan kekuasaan dan kehendak allah swt maka tidak mungkin ada orang yang mampu tertidur selama itu.

Keutamaan Surat Al-kahfi

Setiap surat yang berada dalam al-qur’an baik itu yang jumlah ayatnya pendek atau panjang di yakini memiliki keutamaan-keutamaan yang sangat luar apabila di bacakan, termasuk juga untuk surat al-kahfi ini. Keutamaan yang di miliki oleh surat al-kahfi sangat luar biasa dan harus di yakini akan kebenarannya, sebab keutamaan ini bukanlah hanya sekedar berita saja yang tidak memiliki sumber kebenaran, namun langsung tertera dalam beberapa hadits yang bunyinya seperti:

Dari Abu Sa’id al-Khudri radliyallahu ‘anhu, dari Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ

Artinya : Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ

Artinya : Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Artinya : Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.

Manfaat Surat Al-kahfi

1. Mendapatkan Ridho dari Allah SWT

Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi” (HR Ahmad).

2. Disinari Cahaya Kebaikan

Apabila kita membaca surat Al Kahfi di hari lain atau hari Jum’at, maka Allah akan memberikan ganjaran, pahala dan disinari cahaya kebaikan serta akan mendapatkan keberkahan syafaat di hari pembalasan. Sinar cahaya akan Allah berikan pada hari kiamat, istimewanya, cahaya ini akan memancar dari kedua telapak kaki dan sampai ke langit. Seperti yang sudah Allah jelaskan dalam surat al – Hadid: 12 yang artinya;

Bahkan selain itu juga al-qur’an merupakan sebuah kitab suci yang bisa dijadikan sebagai obat dalam segala hal, yang tentunya pemaknaannya tersebut sesuai dengan kaidah dan berjalan dalam keterangan yang membahas masalah seperti itu. Terlebih lagi dalam surat-surat pada kitab suci tersebut terdapat hal ikhwal yang menjadikannya di turunkan sesuai dengan asbabbu nuzul ataupun proses dan sebab-sebab di turunkannya surat sesuai dengan situasi dan kondisi umat pada waktu itu.

Berangkat dari semua itu maka layak sekali kita sebagai umat islam untuk lebih memaknai dan memahami secara benar setiap kalimah yang ada pada surat-surat dalam Alquran. Terutama dari surat dan ayat yang memang sangat di anjurkan untuk dibaca di waktu dan hari-hari tertentu, meskipun hakikat daripada makna dan arti setiap huruf, kalimah juga surat dalam alquran tersebut adalah sebuah kandungan ayat yang begitu besar dan penting sekali utnu di bacakan bagi setiap umat muslimin.

Surat Al-Kahfi

Untuk itulah faidah keutamaan setiap ayat alquran tersebut mampu di terjemahkan dalam pelaksanaan dan pengamalan jiwa sebagai wujud dari sejatiya seorang mukmin yang sejati, sebagaimana yang telah di terangkan dalam berbagai kaidah dan anjuran baik itu dari Assunah yang di jabarkan lebih luas oleh qaul-qaul para ulama, Sehingga dengan seringnya dibacakan setiap surat dalam alquran tersebut terlebih khusus dari surat alkahfi inipemakanaan secara kejiwaan mampu di raih dan di maksimalkan.

Keutamaan Surat Al kahfi
Dari Abu Sa’id al-Khudri radliyallahu ‘anhu, dari Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ

Artinya : “Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu,
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.