Pages

Ini Dia Persyaratan Umum dan Khusus CPNS Daerah Tahun 2018

 Ini Dia Persyaratan Umum dan Khusus CPNS Daerah Tahun 2018
By Irfan Maulana Sabtu, 25 November 2017
Persyaratan Umum dan Khusus CPNS Daerah Tahun 2018 Persyaratan Umum dan Khusus CPNS Daerah Tahun 2018 − Berjumpa lagi dengan admin lowongankerja19.com di kesempatan kali ini. Admin harap anda tidak bosan-bosannya untuk mengunjungi situs ini, karena setiap harinya kami akan berusha menyajikan berbagai macam informasi lowongan kerja terbaru tahun 2018. Dan untuk kali ini, informasi yang akan admin suguhkan adalah mengenai Persyaratan Umum dan Khusus dalm Seleksi Penerimaan CPNS Daerah Tahun Anggaran 2018. Nah maka dari itu, mari kita simak langsung informasinya di bawah ini.

 Persyaratan Umum dan Khusus CPNS

Lulus CPNS 2018
By Aparatur Sipil Negara | 11.11 259 comments

Tahun 2018 pemerintah akan kembali membuka kran penerimaan CPNS dengan quota yang lebih besar daripada tahun sebelumnya untuk mengisi banyak kursi kekosongan di tiap instansi diakibatkan banyaknya ASN yang memasuki masa pensiun.

Pelaksanaan pendaftaran CPNS itu sendiri akan segera digelar dalam beberapa pekan mendatang (setelah pilkada) dan pengumumannya akan dimuat secara resmi di situs sscn.bkn.go.id

Informasi Umum CPNS 2018

Berikut adalah beberapa informasi penting yang perlu diketahui, terkait rencana penerimaan CPNS 2018.

    Quota Formasi Penerimaan CPNS tahun 2018 adalah diperuntukan untuk pusat dan daerah.
    Sistem penerimaan CPNS akan menggunakan "Minus Growth" dimana jumlah formasi CPNS yang akan diterima tidak akan melebihi jumlah ASN yang pensiun. Sementara angka PNS yang memasuki masa pensiun sebanyak 250 ribu orang, yang terdiri dari 38.000 PNS pusat dan sisanya PNS daerah.
    Pelaksanaan Tes CPNS dilaksanakan setelah pilkada. (Jika mengacu pada tahun sebelumnya, kemungkinan tes dilaksanakan antara bulan Agustus-September)
    Kebutuhan CPNS diprioritaskan untuk jabatan fungsional (tertentu) dan jabatan teknis lain yang mendukung tugas inti (core business) instansi. Khusus untuk pemerintah daerah diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, serta jabatan-jabatan yang mendukung pembangunan infrastruktur.
    Jumlah quota formasi penerimaan CPNS daerah lebih besar porsinya dibanding formasi CPNS pusat.
    Honorer tidak ada pengangkatan langsung, honorer silakan ikut tes.
    Khusus formasi CPNS daerah, akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang akan dikembangkan di daerah bersangkutan.
    Daerah yang belanja pegawainya lebih dari 50% dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak akan mendapatkan formasi.
    Tes menggunakan sistem CAT CPNS dan kelulusan berdasarkan passing grade yang ditetapkan
    Untuk mengikuti seluruh seleksi CPNS, para peserta tes TIDAK DIPUNGUT BIAYA apapun.


Pada tahun 2017 ini, Pemerintah sudah membuka 2 periode penerimaan CPNS secara nasional, periode pertama adalah seleksi penerimaan CPNS di Lingkungan Kemenkumham dan Mahkamah Agung, kemudian di periode kedua di 61 Kementerian dan Lembaga Negara. Sedangkan untuk tingkat daerah, pemerintah hanya baru membuka penerimaan CPNS untuk 2 provinsi saja, yakni Kalimantan Utara dan Papua Barat.

Persyaratan CPNS Daerah Tahun 2018

Di tahun 2017 ini kemungkinan pemerintah tidak lagi membuka penerimaan CPNS, namun di tahun 2018 mendatang, pemerintah secara resmi sudah menyatakan akan membuka seleksi penerimaan CPNS Daerah Tahun Anggaran 2018.

Maka dari itu, sebelum dibukanya Pendaftaran CPNS Daerah Tahun 2018, alangkah lebih baiknya kita mempersiapkan diri dari sekarang, seperti dengan mencari informasi terkait persyaratan apa saja yang perlu disiapkan, hingga persiapan nantinya dalam mengikuti ujian seleksi CPNS Daerah 2018. Dan untuk Persyaratan Umum dan Khusus CPNS Daerah Tahun 2018, silahkan simak selengkapnya di bawah ini.
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.