Pages

10 Cara Daur Ulang / Upcycling Barang Bekas

10 Cara Daur Ulang / Upcycling Barang Bekas
June 04, 2014/ ucentrepreneurshiponline@gmail.com

Di sudut rumah Anda mungkin tersimpan barang-barang yang tidak terpakai lagi. Kenapa tidak Anda daur ulang saja? Anda mungkin berpikir bahwa daur ulang itu repot sehingga lebih memilih untuk langsung membuang barang tersebut. Tetapi tahukah Anda, daur ulang juga bisa menghemat uang? Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih banyak. Daur ulang merupakan istilah yang digunakan untuk mengolah "sampah" atau barang tidak terpakai menjadi sesuatu yang berguna. Istilah ini sering disebut upcycling. Istilah ini muncul pada tahun 1990 dengan menggabungkan kata up dan recycle. Manfaat dari melakukan daur ulang adalah untuk mengurangi sampah dan menggunakan kembali barang yang tidak Anda gunakan. Berikut adalah ide daur ulang:

1. Rak Buku dari Tangga Kayu
upcycling-23.jpgupcycling-23.jpg

Jika Anda memiliki tangga kayu atau bambu yang sudah tidak digunakan lagi, Anda bisa membuatnya menjadi rak buku. Caranya mudah yaitu tempelkan tangga di dinding. Berikan sedikit jarak antara tangga dan dinding sehingga Anda bisa meletakkan buku-buku.
2. Lego sebagai Gantungan Kunci
lego-key-holders.jpglego-key-holders.jpg
Daur Ulang Sampah Botol Plastik Menjadi Kerajinan yang Menarik
Daur Ulang Sampah Plastik Daur Ulang Sampah Plastik
11
Feb

Hingga saat ini, Indonesia masih menghadapi persoalan besar dalam mengelola sampah. Volume sampah yang dihasilkan semakin banyak, dan sebagian besar terdiri dari sampah yang tidak mudah terurai seperti plastik. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan melakukan upaya daur ulang sampah, sehingga diharapkan volume sampah plastik bisa berkurang.
Manfaat Sampah

Sampah didefinisikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan, yang dihasilkan dari suatu proses. Meskipun merupakan material sisa, tidak berarti semua sampah harus langsung dibuang. Membuang sampah tanpa pengelolaan yang baik justru akan merusak lingkungan. Untuk mengurangi beban lingkungan, sampah bisa diolah menjadi berbagai benda yang bermanfaat seperti kerajinan dari botol bekas.

Berikut ini adalah contoh manfaat sampah dalam kehidupan sehari-hari:

Daur Ulang SampahDaur Ulang Sampah
1. Pakan Ternak

Sampah organik seperti dedaunan dan sisa makanan memang bisa terurai secara alami. Namun, tidak ada salahnya memanfaatkan material sampah yang masih cukup bagus untuk digunakan sebagai pakan ternak, seperti dedaunan yang masih hijau serta sisa sayuran dan buah. Jangan lupa, pilih sampah sesuai dengan ternak yang dipelihara.
2. Bahan Pembuatan Pupuk Organik

Teknik mengolah sampah organik menjadi pupuk sudah cukup lama dikenal, terutama kompos. Sampah organik, terutama sampah dapur dan sampah kebun dikumpulkan untuk diolah menjadi pupuk, baik dengan cara konvensional maupun dengan menggunakan alat seperti composter.

Selain diolah menjadi kompos, sampah dapur juga bisa diolah menjadi pupuk organik cair. Meskipun jumlahnya relatif sedikit, sampah dapur dihasilkan secara kontinyu atau terus menerus. Cara mengolah sampah organik menjadi pupuk cair pun tidak terlalu sulit.
3. Bahan Pembuatan Batako

Saat membeli makanan di pinggir jalan, Anda pasti sering menjumpai para penjual yang menggunakan wadah dari bahan styrofoam. Meskipun bahan ini disinyalir berbahaya bagi kesehatan, bahkan beberapa negara sudah melarang penggunaannya, kenyataannya Styrofoam masih banyak digunakan. Akibatnya, limbah styrofoam pun meningkat.

Yang mengkhawatirkam, styrofoam merupakan jenis sampah anorganik tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme pengurai di dalam tanah, sehingga keberadaannya membahayakan lingkungan. Untuk mengurangi keberadaannya di alam, kini styrofoam banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat batako.

Karena tergolong dalam jenis plastik, styrofoam memiliki sifat ringan dan tidak menyerap air. Dengan begitu, batako yang dihasilkan pun memiliki keunggulan, yaitu lebih ringan dan tahan air. Namun, kekuatan batako dari styrofoam ini perlu diuji lebih lanjut.
Jika anak Anda sudah tidak memainkan Lego-nya maka Anda bisa menggunakannya sebagai gantungan kunci. Ambil Lego yang lebar dan tempelkan ke dinding. Kemudian ambil Lego yang lebih kecil, lubangi bagian bawahnya dan masukkan kait kunci ke dalamnya. Voila, Anda bisa menempelkan langsung kunci
3. Kotak Perkakas menjadi Pot Bunga.

UC Onliners bisa membuat kotak perkakas yang sudah lama tidak digunakan menjadi wadah untuk menanam. Bersihkan terlebih dahulu kotak perkakas kemudian isi setiap sekat dengan tanah yang gembur dan tambahkan benih. Anda bisa meletakkan pot bunga Anda di pinggir jendela sebagai hiasan.
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.