Pages

Kumpulan Contoh Soal Psikotes untuk Kamu yang Ingin Melamar Pekerjaan

Kumpulan Contoh Soal Psikotes untuk Kamu yang Ingin Melamar Pekerjaan
06/06/2017 Oleh Arya

Contoh Soal Psikotes – Hallo sahabatnesia, pernah kah kalian mengerjakan soal psikotes ? Soal psikotes biasanya sering kita temui pada saat mengikuti tes ujian masuk perguruan tinggi atau pada saat kita akan melamar pekerjaan. Soal psikotes pada umumnya berupa tes logika, tes deret gambar, tes logika penalaran, soal aritmatika, tes mencocokan suatu gambar, dan yang lain sebagainya.


Hampir semua calon karyawan yang akan di rekrut dipastikan wajib untuk mengikuti tes psikotes. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan atau skill seseorang yang nantinya akan mempengaruhi posisi kerjanya. Bahkan untuk menjadi karyawan suatu swalayan harus mengikuti tes psikotes ini. Terlebih lagi dengan pekerjaan yang menyangkut nyawa manusia seperti dokter, perawat, bidan, tentara, polisi, dan yang lainnya.
Tes psikologi menggambar atau lebih sering disebut tes psikotes sering digunakan dalam tahap seleksi perekrutan karyawan di banyak perusahan. Berbeda dengan tes potensi akademik (TPA), psikotes secara umum lebih mengarah kepada tes kepribadian. Tujuan dari psikotes itu sendiri adalah untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes psikotes ini dianggap memiliki faktor ‘ketidakpastian’ yang mampu memutarbalikan perhitungan logis potensi seseorang. Waduh, gimana tuh?

Jadi, di dalam penilaian psikotes bukan kecerdasan yang diukur, melainkan kepribadian seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan. Banyak lulusan perguruan tinggi terbaik belum bisa diterima kerja di sebuah perusahaan impiannya karena selalu gagal dalam psikotes. Bukan karena tidak cerdas, tetapi kepribadiannya kurang cocok dengan yang dicari perusahaan.
Advertisement

Menanggapi hal ini, Hipwee Sukses akan berbagi informasi dan trik untuk menghadapi dan menyelesaikan psikotes dengan mudah. Semoga bisa membantu mengurangi kegagalan para job seeker sekalian, ya!
1. Tes analogi verbal; biasanya meliputi korelasi makna, sinonim, antonim, dan pemahaman mengenai narasi tertentu
tes analogi verbaltes analogi verbal

tes analogi verbal via www.youtube.com

Penilaian dalam tes analogi verbal adalah kemampuan logikamu terhadap sebuah kondisi untuk melihat sejauh mana kamu memahami sebab-akibat suatu permasalahan dalam pekerjaan.
Isi Artikel

    1 Pengertian Psikotes
    2 Tips Mengerjakan Soal Psikotes dengan Cepat
    3 Contoh Soal Psikotes Matematika (Aritmatika)
    4 Tes Logika Penalaran
    5 Contoh Soal Psikotes PAPI (Perception and Preference Inventory)
    6 Contoh Soal Psikotes Army Alpha Intelegence Test
    7 Contoh Soal Psikotes Baum Tree Test (Tes Psikotes Menggambar Pohon)
    8 Contoh Tes Logika Penalaran / Deret Gambar
    9 Contoh Soal Psikotes Analog Verbal
    10 Contoh Soal Psikotes Pauli atau Kraepelin

Pengertian Psikotes

Psikotes berasal dari kata physico yang berarti fisik dan test yang berarti sebuah ujian. Secara istilahnya, psikotes merupakan suatu metode untuk mengetahui hasil kontrol psikologi seseorang dengan menggunakan alat atau sistem khusus yang hanya dapat dijalankan oleh ahli di bidang psikotes dan sangat paham mengenai karakter seseorang. Hal itu bisa dilihat dari sisi inteligent (kecerdasan), attitude (sikap), personality (kepribadian) dan interest (ketertarikan).
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.