Pages

Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

17 Macam-Macam Software Akuntansi Terbaik di Indonesia
By Sandy MakrufPosted on

Software akuntansi terbaik adalah software yang mampu menunjang seluruh kegiatan transaksi suatu perusahaan atau entitas. Sebab, untuk apa sebuah software, jika masih terbatas penggunaannya ? tentu hal ini kurang baik jika dipakai dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Sebelum mengetahui macam-macam software akuntansi, ada baiknya anda sudah mengetahui kriteria seperti apa yang anda butuhkan, untuk membantu pencatatan transaksi pada perusahaan anda.
Kebutuhan yang bagaimana ya ?

11 Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

software-akuntansi

Software Akuntansi – Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang malas. Namun dari kemalasan nya itu manusia dapat menciptakan hal yang dapat memudahkan pekerjaan nya. Buktinya adalah berbagai penemuan seperti kendaraan yang memudahkan manusia untuk berpindah tempat dan komputer yang pada awalnya membantu proses penghitungan.

Semakin berkembang nya zaman, komputer terus mengalami perubahan. Dari yang awalnya hanya kalkulator hingga memiliki monitor canggih, dari yang hanya kotak besar hingga menjadi setipis kaca. Perkembangan ini tidak hanya mempengaruhi bentuk fisik nya tapi juga isi dan manfaat dari komputer itu.

Seiring evolusi komputer yang sangat pesat, aplikasi atau software yang ada didalamnya pun ikut dikembangkan. Dari hal itu muncul berbagai software yang juga membantu pekerjaan manusia seperti yang sering kita gunakan saat ini misalnya microsoft office.

    

Software ini lebih memudahkan pekerjaan kita secara lebih spesifik. Microsoft office misalnya yang memudahkan pekerjaan dalam urusan mengetik laporan (word) olah data (excel) presentasi (power point) dan lain sebaginya. Bagi seorang akuntan menguasai microsoft office adalah bekal standar dalam membuat laporan keuangan ataupun laporan yang lain.

Namun terkadang menguasai microsoft office saja masih belum cukup, akuntan harus bisa menggunakan berbagai aplikasi komputer khusus akuntansi. Tidak lain dan tidak bukan untuk lebih memudahkan pekerjaan nya.

Ada banyak software akuntansi yang ada di Indonesia. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang mengerti akuntansi tapi juga bagi orang awam yang baru mengenal akuntasi. Dalam artikel ini akan dijelaskan bebeberapa aplikasi komputer untuk akuntansi yang beredar di indonesia, tapi sebelum itu mari kita simak spesifikasi umum dari software akuntansi tersebut.
Spesifikasi Software Akuntansi

Aplikasi komputer atau yang lebih dikenal dengan perangkat lunak (software) memiliki berbagai macam bentuk. Ada yang digunakan untuk mengedit foto seperti photoshop dan lainnya. Software akuntansi sendiri adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memudahan pencatatan dan aktivitas lain dari akuntansi.

Software akuntansi ini memanfaatkan konsep modularitas dimana serangkaian akitvitas yang serupa diubah kedalam modul-modul yang spesifik. Seperti misalnya pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, buku besar dan lainnya.

Perusahaan besar biasanya memiliki bagian sendiri untuk mengembangkan aplikasi akuntansi ini. Namun tidak jarang perusahaan ataupun UKM yang menggunakan pihak ketiga untuk mendapatkan software akuntansi. Pihak ketiga ini menyediakan software yang akan digunakan sering kali juga perusahaan tersebut bekerja sama dengan pihak ketiga tadi.

Karena perbedaan lingkup penggunaan aplikasi ini seperti perusahaan hingga UKM maka kompleksitas dan kapabilitas aplikasi ini pun bermacam-macam tergantung lingkungan perusahaan atau UKM yang akan menggunakan.
Kebutuhan yang dimaksud seperti, apakah transaksi perusahaan sudah sangat besar dan kompleks ? ataukah hanya sebatas transaksi jual beli atau jasa yang tidak begitu kompleks ?

Sebagai contoh, kebutuhan software akuntansi untuk sebuah UMKM, tentu akan berbeda dengan kebutuhan software akuntansi perusahaan industri dan sejenisnya.

Nah, jika anda sudah mengetahui kebutuhan perusahaan anda, tentu anda akan dengan mudah menemukan software yang sesuai dengan kriteria atau kebutuhan anda.
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.