Pages

Surat al-kahfi

Surat al-kahfi atau dengan nama lain ashabul kahf yang memiliki arti para penghuni gua termasuk pada surat ke 18 yang terdiri dari 110 ayat dan di turunkan surat ini di kota makah sehingga termasuk pada golongan surat makkiyah. Isi kandungan yang ada pada surat al-kahfi sebagian besar menceritakan tiga kisah sejarah masa lalu yaitu kisah Ashabul Kahfi, kisah pertemuan nabi Musa as dan nabi Khaidir as serta kisah Dzulqarnain, tetapi kisah ashabul kahfi memang memiliki keunggulan lebih sehingga di jadikan sebagai nama surat.


Surah Al Kahfi Arab, Latin dan Terjemah

Surah | Surat Al Kahfi Arab, Latin dan Terjemah - Surat Al Kahfi termasuk golongan surat-surat Makkiyyah dan merupakan surat ke 18 dari Al Quran yang terdiri dari 110 ayat. Surah ini adalah pertengahan Juz dari Al Quran yaitu antara Juz 15 dan 16. Al Kahfi artinya Gua dan Ashhabul Kahfi yang berarti penghuni Gua yang dijadikan sebagai nama surat ini. Kedua nama tersebut diambil dari cerita pada ayat 9 sampai dengan ayat 26 yang menceritakan tentang pemuda yang tidur lama di dalam Gua selama bertahun-tahun.

Surah | Surat Al Kahfi Arab, Latin dan Terjemah
Surat Al Kahfi Arab, Latin dan Terjemah
Pokok isi kandungan dalam Surat Al Kahfi ini diantaranya tentang keimanan, hukum-mukum, kisah-kisah dan yang lainnya. Ketika saya di pengajian sewaktu masih kecil surat ini dinjurkan oleh Ustadz dibaca rutin pada pengajian subuh hari Jum'at pagi hari atau sebelum melaksanakan Sholat berjama'ah Jum'at. Lafadz Surah | Surat Al Kahfi Arab, Latin dan Terjemah berikut dibawah ini :

Surah Al Kahfi
( Gua )
Surat ke 18 : 110 Ayat

 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.