Pages

Apa Pengertian Dari Kolesterol?

Obat Kolesterol Tradisional – Kolesterol merupakan salah satu penyebab dari timbulnya berbagai macam penyakit yang berbahaya. Beberapa diantara penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kolesterol tersebut adalah stroke, penyakit jantung, darah tinggi dll. Karena banyaknya fenomena tersebut, seringkali kita melihat iklan obat untuk menurunkan kolesterol.



Apa Pengertian Dari Kolesterol?

Yang pertama harus Anda ketahui adalah pengertian dari kolesterol. Definisi kolesterol adalah lemak yang berada di dalam tubuh manusia, yang dihasilkan oleh organ hati.

Kolesterol terdapat dua jenis, yaitu kolesterol LDL dan kolesterol HDL. Setiap jenis kolesterol tersebut berbeda. LDL atau Low Density Lipoprotein adalah jenis kolesterol  jahat yang menyebabkan terjadinya pengendapan pada arteri tubuh sehingga memicu terjadinya penyakit jantung atau stroke.

Sedangkan HDL atau High Density Lipoproterin adalah kolesterol baik yang terdapat di dalam tubuh dan tidak mengendap pada arteri, dapat berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dari adanya Aterosklerosis yaitu terbentuknya plak pada bagian dinding pembuluh darah sehingga dapat melindungi jantung dari serangan penyakit jantung coroner.
Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi
7 Tanaman Obat Kolesterol - Kolesterol merupakan penyebab utama timbulnya berbagai macam penyakit pembunuh yang berbahaya ( silent killer) seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke dan sebagainya.



Nah melihat kondisi ini, berbagai cara dilakukan orang agar sembuh dan terhindar dari penyakit berbahaya akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah. Mulai dengan obat-obat sampai menggunakan terapi-terapi yang moderen. Pertanyaannya, apakah semua cara itu dapat dipastikan aman dan tidak akan menimbulkan masalah baru?

Sekedar  info, bahwa kadar kolesterol normal dan yang berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang berbahaya dapat dilihat penjelasannya sebagai berikut:

Kurang dari 200 mg/dl
Ini merupakan ukuran kadar kolesterol normal. Artinya kolesterol total yakni jumlah dari kadar LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), dan trigliserida kurang dari 200 mg/dl, dengan demikian risiko untuk terkena penyakit jantung tidak terjadi. Tapi Anda harus tetap menjaga pola makan sehat dan kurangi jenis makanan yang berlemak, serta harus rajin olahraga.

Berada di kisaran 200-239 mg/dl
Termasuk tingkat kolesterol yang cukup. Kalau memang kadar kolesterol kamu berada di kisaran 200-239 mg/dl, sebaiknya cek ke laboratorium untuk mengetahui detail dari kadar LDL, HDL, dan trigliserida.

Lebih dari 240 mg/dl
Ini adalah tingkat kolesterol yang beresiko tinggi. Kenapa demikian? Kondisi seperti ini sangat rentan terkena penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah berbahaya lainnya.

Kadar normal kolesterol HDL
Kadar HDL normal untuk pria berkisar antara 40-50 mg/dl, dan antara 20-60 mg/dl untuk wanita. Jika kadar HDL semakin tinggi, maka semakin kecil pula resiko terkena penyakit jantung.
Mengapa Obat Kolesterol dan asam urat saling berhubungan ? Karena pada kedua jenis gangguan ini bisa saling berkaitan satu sama lain. Peningkatan kadar kolesterol dalam darah bisa memicu tingginya kadar asam urat anda yang menumpuk pada bagian bagian persendian yang bisa menimbulkan rasa sakit dan nyeri sendi yang hebat hingga sulit beraktifitas. Agar lebih mengenal apa itu penyakit kolesterol, sedikit akan kita telaah tentang pengertian penyakit kolesterol tinggi beserta gejala yang menyertainya serta informasi apa saja yang penting untuk diketahui dan disampaikan. Obat Kolesterol
Pengertian kolesterol tinggi

Kadar kolesterol dalam darah semacam lemak berwarna putih kekuningan seperti lilin. Meningkatnya kadar kolesterol akan berdampak pada gangguan fungsi organ karena bisa menghambat sistem peredaran darah dalam tubuh. Pada batas normal kolesterol dibutuhkan untuk membantu metabolisme tubuh, baik dalam hati, pada usus dan pada sistem organ lainnya. Kadar kolesterol dihasilkan oleh jaringan hati dan sebagian lagi dari sumber asupan makanan. Meningkatnya kadar kolesterol ini bisa berkaitan dengan gejala serangan darah tinggi yang merupakan gangguan tekanan darah yang dialami oleh seseorang. Obat Kolesterol
Penyebab naiknya kadar kolesterol

Kolesterol yang meningkat secara tidak normal tidak muncul dengan sendirinya. Beberapa faktor ikut andil dan menjadi penyebab naiknya kadar kolesterol. Diantara faktor penyebab naiknya kadar kolesterol adalah:
Kadar normal kolesterol LDL
Kolesterol di dalam tubuh manusia menyebar ke seluruh bagian-bagian tubuh tertentu, seperti kulit, otot, saraf, otak, hingga ke bagian jantung.

Dalam keadaan normal, seseorang memiliki kadar kolesterol sebanyak 160-200 mg, sedangkan kolesterol dapat dikatakan berada dalam fase yang berbahaya jika melebihi 240 mg, karena dapat menyebabkan orang tersebut terkena stroke.

Total Kolesterol :
<200 mg/dl = kolesterol ideal
200-239 mg/dl = ambang batas mengalami resiko tinggi
240> mg/dl = resiko tinggi

Lalu, Apa Saja Gejala Awal Penyakit Kolesterol Tinggi?

obat-tradisional-kolesterol-tinggi
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.