Pages

Tempat Wisata di Kabupaten Tanah Karo

 Wisata Berastagi - Keindahan alam Indonesia membentang unik di setia daerah yang ditapaki kaki. Perjalanan wisata ke berbagai wilayah Indonesia akan meninggalkan kesan yang berbeda di setiap wilayah yang Anda tapaki.


Salah satu daerah yang mungkin mampu memberikan kesan yang mendalam bagi perjalanan wisata Anda adalah berkunjung ke Berastagi Karo Sumatera Utara. Salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Karo ini merupakan salah satu tempat yang begitu populer bagi masyarakat Indonesia.

 20 Tempat Wisata Di Tanah Karo
August 04, 2014 karo, wisata
PariwisataSUMUT.Net - Mejuah-Juah, Demikianlah sambutan yang tertera di gerbang masuk kawasan kabupaten Karo. Jargon ini menjadi daya tarik yang mengangkat budaya Tanah karo, keramahtaman penduduk dan juga keindahan alam Karo yang amatlah memukau.

Tempat Wisata di Kabupaten Tanah Karo


Penatapan Doulu
Baca: Penatapan Doulu

Penatapan Doulu Berastagi merupakan objek wisata yang populer tidak hanya bagi para wisatawan yang datang dari Kota Medan namun juga wisatawan asing. Jarak dari Kota Medan ke Berastagi dapat ditempuh kurang lebih 2 jam saja. Disini anda dapat menikmati pesona hijau hutan Bukit Barisan dan juga awan putih yang kerap menyelimuti

Berastagi
Baca: Tempat Wisata Di Berastagi

Obyek wisata Kota Berastagi Sumatera Utara memang benar-benar menjadi incaran para wisatawan baik domestik maupun internasional. Terdapat berbagai jenis hotel dan ressort menawan dengan fasilitas-fasilitas memuaskan. Berbagai arena permainan seperti Mickey Holiday menjadi nilai tambah tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati serunya liburan di Berastagi. Salah satu tempat yang tak boleh anda lewatkan adalah menelusuri wisata belanja di Tanah Karo yakni: Pasar Buah Berastagi

Pagoda Lumbini
Lumbini adalah tempat peribadatan umat Budha di Kabupaten Tanah Karo Sumatera Utara. Merupakan tiruan pagoda yang sama, diadopsi dari negara tetangga. Pagoda Lumbini menyuguhkan keindahan yang berbeda, sisi lain tak terlupakan dari kemajemukan dan keharmonisan umat beragama di Sumatera Utara khusunya kabupaten Tanah Karo.

Gunung Sibayak
Baca: Gunung Sibayak
Sibayak menjadi pusat wisata hiking dan lintas alam paling terkenal di Sumatera Utara. Tempat ini sangat cocok bagi anda para pendaki pemula. Dari puncak Gunung Sibayak anda dapat menyaksikan keindahan Kota Berastagi dan juga Sidebu-Debu, pemandian air panas belerang di Kabupaten Karo. Gunung Sibayak selalu ramai oleh para pengunjung.

Gunung Sinabung
Baca: Kabar Gunung Sinabung
Gunung Sinabung dulunya adalah lokasi favorit para pendaki, hingga kemudian Sinabung mulai bergelora dan dilarang untuk di daki. Gunung Sinabung adalah lokasi paling pas untuk melihat panorama alam Tanah Karo. Rute menuju Gunung Sinabung yang melewati Danau Lau Kawar membuat para pendaki biasanya memilih untuk camping di kawasan Lau Kawar.

Gunung Sibuaten
Baca: Gunung Sibuatan Tanah Karo
Sibuaten adalah gunung tertinggi di Sumatera Utara, gunung yang sudah tidak aktiv ini mulai terkenal semenjak Gunung Sinabung dilarang untuk para pendaki, Gunung Sibuaten kini telah menjadi obyek wisata baru di Kabupaten Tanah Karo. View Danau Toba dan hamparan awan diatas gunung menjadi target para pendaki untuk disaksikan secara langsung

Gundaling
Baca: Indahnya Wisata Di Gundaling
Bukit Gundaling tentu sudah sangat sering terdengar dan juga amat banyak dikunjungi oleh turis. Gundaling berasal dari singkatan Good Bye My Darling, mengisahkan tentang 2 sejoli yang berpisah karena zaman Siti Nurbaya. Di Bukit Gundaling anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan emnarik seperti menaiki Kuda, berbelanja, dll.

Tongging
Baca: Tempat Wisata Di Danau Toba
Tongging di Kawasan Danau Toba masuk ke dalam wilayah administratif kabupaten Karo. Tongging menjadi pilihan alternatif bagi anda yang tidak sempat berkunjung ke Parapat atau juga ke Samosir. View Danau Toba adalah suguhan paling menarik, jangan lupa singgah ke Bukit Gundul, selain itu anda dapat menikmati lezatnya kuliner di tepi Danau Toba.

Air Terjun Sipiso-piso
Baca: Indahnya Air Terjun Sipiso-Piso
Terkenal sebagai salah satu air terjun tertinggi di Sumatera Utara dan Indonesia, Sipiso-piso letaknya tidak terlalu jauh dari Tongging sehingga anda dapat melakukan perjalanan wisata secara berurutan dengan mengunjungi beberapa lokasi. Air Terjun Sipiso-Piso sedikit menantang, karena anda harus menuruni sekitar 100 tangga untuk mencapainya.

Pasar Buah Berastagi
Baca: Pasar Buah Berastagi
Pasar Buah Berastagi merupakan tempat wisata belanja di Kota Berastagi, Karo. Anda dapat membeli oleh-oleh buah seperti jeruk, leci, marquisa berastagi dan berbagai jenis buah-buahan yang dihasilkan dari sektor pertanian dari Kabupaten Karo. Pasar buah Berastagi selalu ramai dikunjungi karena selain wisatawan, para pemudik biasanya singgah untuk membeli buah dari lokasi ini.

Pemandian Air Panas Sidebuk-Debuk
Baca: Pemandian Alam Sidebuk-Debuk Berastagi
Pemandian Alam Sidebu-Debu adalah lokasi paling pas untuk menikmati air belerang dari Puncak Gunung Sibayak. Pemandian ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama dari Kota Medan. Sidebu-Debu juga tempat persinggahan bagi para pendaki yang hendak naik maupun turun dari Gunung Sibayak.

Selain 10 ulasan obyek wisata di Kabupaten Karo diatas, anda juga dapat mencoba mengunjungi beberapa lokasi wisata lainnya di Karo seperti pada daftar berikut. Silahkan arahkan kursor dan klik tempat wisata yang ingin anda dapatkan informasinya secara detil.

Berastagi berjarak sekitar 67 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan dari Kota Medan. Potensi wisata mulai dari keindahan alam, agro wisata hingga keunikan estetika budaya membuat Berastagi layak menjadi tujuan utama perjalanan wisata Anda.

Apa saja tempat-tempat wisata menarik dan indah di Berastagi ? Berikut Bang Mamad mengajak Anda melihat tempat-tempat indah tersebut.

1. Puncak Gundaling


a photo by @syazlysalleh via instagram
Bukit Gundaling adalah tempat terbaik untuk menikmati view Berastagi yang sangat indah. Bukit yang berjarak 66 kilometer dari Kota Medan ini memiliki ketinggian 1.575 meter dari permukaan laut. Dari pusat Kota Berastagi hanya berjarak 3 kilometer.

Bukit Gundaling memiliki keindahan alam yang luar biasa. Perpaduan pepohonan pinus dan pemandangan alam yang indah serta gunung yang koko di hadapan bukit ini membuat segalanya tersa menakjubkan.

Akses menuju bukit ini terbilang cukup mudah, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jumlah kendaraan umum terbilang minim, untuk itu kendaraan pribadi berupa sepeda motor ataupun mobil dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingi ke tempat ini.

Untuk memasuki puncak yang terle Jl. Jamin Ginting, Gundaling I, Berastagi, Kabupaten Karoini, Anda perlu membayar retribusi sebesar Rp2.000,-. Bagi Anda yang mengunjungi bukit ini, baiknya Anda datang di Pagi hari karena pada saat itu pemandangan dari puncak bukit ini terlihat begitu indah dan mempesona.

2. Pasar Buah Berastagi


a photo by @kuang_ai via instagram
Bagi Anda yang mendambakan perjalanan wisata yang menyenangkan dan mengenyangkan, wisata belanja di pasar buah Berastagi adalah pilihan yang tepat untuk mengisi waktu libur Anda. Pasar buah ini terletak di Jl. Gundaling, Tambak Lau Mulgap I, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berbagai jenis buah segar akan membuat perjalanan wisata Anda ke Kota ini terasa sangat berkesan.

3. Desa Peceren


sumber : wisataindonesia.co.id
Desa Peceran merupakan desa budaya yang terletak di di sebelah utara Berastagi, di jalan kenuju ke Medan. Desa yang memiliki nama asli Desa Sempajaya ini memiliki 6 rumah adat tradisional Karo yang berumur sekitar 120 tahun.

Desa yang dihuni sekitar 700 kepala keluarga ini terlihat sangat unik dengan perpaduan sejarah yang luar biasa dan budaya serta alam yang mengagumkan. Tempat ini sangat layak Anda kunjungi bagi Anda pencinta kebudayaan nusantara.

4. Danau Lau Kawar


a photo by @harrybanguni via instagram
Danau Lau Kawar adalah danau yang terletak di kaki Gunung Sinabung, tepatnya di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran. Dari Kota Berastagi danau ini berjarak sekitar 27 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 50 menit perjalanan. Sesampai menginjakkan kaki di danau ini, suasana begitu terasa indah. Udara sejuk berpadu dengan tenangya air danau serta rimbunnya pepohonan membuat danau ini terasa begitu indah dan mempesona.

5. Taman Alam Lumbini di Desa Tongkoh
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.