Pages

TRIK AMPUH SUKSES TEST TOEFL (Bagian 1)

 TRIK AMPUH SUKSES TEST TOEFL (Bagian 1)
19.25 |

Bingung dan pusing menghadapi test TOEFL? Atau menghabiskan banyak uang untuk kursus tapi belum lulus juga? Atau bingung dengan buku panduan belajar yang full English? Gak perlu bingung kawan!!! Sebab TOEFL itu mudah kok!!! He... he... yang penting tahu Trik-triknya. Jadi keep in mind “TOEFL IS EASY”. So, ‘ngak perlu stress lagi menghadapi TOEFL. Okey...!!! let’s check the tricks then...cara cepat menjawah soal toefl


TOEFL (Test of English as Foreign Lenguange) di bagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1. Listening Comprehension
2. Structure and Written Expresion
3. Reading Comprehension

Disini, kita akan membahas satu persatu dari bagian tersebut.

Yang pertama, LISTENING COMPREHENSION.
Pada umumnya, TOEFL test-takers menganggap bagian ini adalah bagian tersulit dari TOEFL (Bahkan bagi pembelajar bahasa Inggris sekalipun). Selain pertanyaannya yang tidak tertulis dan hanya di dengar, pertanyaan-pertanyaannya juga tidak akan diputar untuk kedua kalinya. Terlebih lagi pengucapan dari penutur asli akan terdengar sangat cepat dan berbeda dengan instruktur bahasa Inggris kita yang biasa kita dengar. Tapi, hal ini bukan berarti listening tidak bisa ditaklukkan. Saya sendiri juga pada awalnya kesulitan, tapi toh ternyata bisa juga!!! :-D. Karena saya tahu trinya. He... he...

Lalu gimana donk mbak triknya? Jadi penasaran nich!!!

He.. he.. tenang sobat!!! Let’s check it out....

Listening Part A (Pada bagian ini, Anda akan menemui soal berupa percakapan pendek ‘Terdiri dari dua kalimat’)

Yang pertama kali akan Anda dengar adalah instruksi untuk bagian ini yang bunyinya kurang lebih seperti ini:

→ Intruksi A............
Hal pertama yang harus kita pahami adalah instruksi atau perintah pada setiap bagian. Karena tanpa memahami perintah, maka mustahil kita bisa mengerjakan soal. Adapun maksud dari instruksi di atas adalah; bahwa dibagian ini (Listening Part A) Anda akan mendengar sebuah percakapan pendek antara dua orang untuk masing-masing pertanyaan, dan yang harus Anda lakukan adalah menjawab pertanyaan yang Anda dengar berasarkan percakapan tersebut. Pilihan jawaban tersedia di lembar soal. Dialog dan pertanyaan tersebut tidak akan di putar ulang, jadi dengarkanlah dengan seksama dan hati-hati.

Ok, setelah paham dengan perintahnya, kita bisa mulai melangkah ke Trik-trik yang harus di gunakan.

Trik Pertama (untuk part A)
→ Fokus ke baris kedua (perkataan orang kedua)
Kalau dirasa susah untuk bisa menangkap seluruh isi percakapan, maka Anda tidak perlu pusing, karena biasanya jawaban dari pertanyaan yang di berikan, berada di baris kedua dari percakapan yang dalam hal ini adalah perkataan orang kedua.
Contoh

Yang akan anda dengar:
(man)                    can you tell me if today’s matinee is  comedy, romance, or western?
(woman)             I have no idea.
(narrator)            WHAT DOES THE WOMAN MEAN?

ALTERNATIVE JAWABAN DI BUKU SOAL  ANDA):
(A)   She has strong ideas about movies
(B)   She prefers comedy over westerns and romances
(C)   She doesn’t like today’s matinee
(D)   She does not know
Kata kunci dalam dialog pendek ini bias kita temukan di baris kedua dari dialog, yaitu I have no idea , yang berarti si pembicara tidak puny aide apapun/tidak tahu tentang hal itu. Maka jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah (D)she does not know.


Tip dan Strategi Tes TOEFL Skor di Atas 550

by Genius Edukasi | Jun 2, 2015 | TOEFL
Tip dan Strategi Tes TOEFL Skor di Atas 550

Pentingnya skor TOEFL sudah tidak diragukan lagi dalam banyak kebutuhan akademis dan karier. Skor ini menjadi standar ukuran penguasaan bahasa Inggris seseorang, baik dalam kemampuan memahami teks lisan (Listeing Comprehension), kemampuan struktur dan ungkapan model tulis (Structure and Written Expression), maupun kemampuan memahami bacaan (Reading Comprehension), hingga kemampuan menulis (Writing). Dalam jenjang tertentu, Anda dituntut memiliki skor TOEFL di atas 500. Karena itu, sebelum mengikuti tes TOEFL, Anda mesti menguasai Tip dan Strategi Tes TOEFL agar menghasilkan skor tinggi sesuai harapan.

TOEFL biasa digunakan sebagai salah satu prasyarat untuk studi ke luar negeri, terutama ke negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pengajaran di Universitas. TOEFL juga menjadi persyaratan untuk melanjutkan sudi S-2 dan S-3 di Indonesia. Bahkan, di beberapa universitas ternama di Indonesia telah mengharuskan mahasiswanya memiliki skor TOEFL tertentu sebagai salah satu syarat kelulusannya. TOEFL juga mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme perekrutan atau jenjang kenaikan karier, seperti bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), perusahaan BUMN, dan perusahaan multinasional..
Untuk listening, cukup disini dulu. Dan akan kita lanjutkan di tulisan saya yang berikutnya. Ini baru satu Trik. Dan masih banyak Trik jitu lainnya yang akan saya bagikan. Jadi jangan bosan-bosan untuk terus kunjungi www.belajarTOEFLonline.blogspot.com jika ingin konsultasi via e-mail Anda bisa kirimkan ke belajarTOEFLonline@gmail.com. Selamat berlatih.

Yang kedua, STRUCTURE AND WRITTEN EXPRESION

Bagian ini sangatlah berbeda dengan bagian sebelumnya yaitu listening. Karena semua instruksi, soal serta pilihan jawaban sudah tersedia di lembar soal Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menganalisa soal tersebut dan menganalisa bagian mana yang kurang tepat. Atau mengisi bagian yang belum lengkap. Structure and Written Expresion di bagi menjadi dua bagian, yaitu:
1. Soal multiple choice dimana kita harus memilih salah satu jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat yang ada di soal.

 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.